Bekuk PSS Sleman 5-2 PSSI Juara Grup A


Jonathan Cantilana saat merayakan golnya bersama Taisei Marukawa dan Frendi Saputra, dalam laga melawan PSS Sleman di Stadion Manahan Solo, Jumat (24/06/2022) malam. (foto: psis)

Semarangsekarang.com (Solo) – Bekuk PSS Sleman dengan skor 5-2 semakin memantapkan posisi PSIS sebagai juara Grup A ajang Piala Presiden 2022, di Stadion Manahan Solo, Jumat (24/06/2022) malam.

Dalam laga terakhir PSIS di grup A, head coach PSIS Semarang Sergio Alexandre, langsung memainkan empat pemain asing andalan. Carlos Fortes, Taisei Marukawa, Jonathan Cantillana dan Alie Sesay. Sejak menit pertama pemain langsung menekan pertahanan PSS Sleman.

Hasilnya dimenit ke 6, PSIS lewat tandukan Jonathan Cantillana memanfaatkan assist Wawan Febrianto, Laskar Mahesa Jenar memimpin 1-0 .

Setelah ketinggalan, PSS Sleman mencoba memberikan tekanan ke lini pertahanan PSIS, namun justru PSIS yang kembali menambah gol di menit 23. Kembali aktornya Wawan Febrianto yang menusuk ke pertahanan PSS kemudian mengirim umpan true pass ke Jonathan Cantilana, yang bola langsung di chip tanpa bisa dijangkau Jandia Eka Putra, kiper PSS Sleman. Skor 2-0 PSIS unggul lewat brace Jonathan.

Di menit 40, PSS mampu menipiskan gol menjadi 2-1 lewat Riki Dwi Saputro yang melakukan aksi solo run dan mengecoh Alie Sesay dan Dewangga, bola sempat di blok kiper Yofandani namun bola tetap masuk ke jala gawang PSIS.

Namun di injury time menit 45+1, PSIS kembali mencetak gol. Kali ini lewat tendangan pinalti Carlos Fortes. Pinalti didapat setelah Marukawa di langgar Jandia dalam kotak pinalti. Skor 3-1 mengakhiri laga babak pertama.

Tambah dua gol

Babak kedua meskipun sudah unggul 3-1, PSIS masih tetap mencoba menggedor lini pertahanan PSS Sleman. Bermain sabar umpan pendek dari kaki ke kaki. Hasilnya di menit ke 62, Fortes kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah mencocor bola yang lepas dari tangkapan Jandia setelah gagal mengamankan tendangan free kick keras dari Wawan Febrianto. Papan skor berubah 4-1 untuk PSIS Semarang.

Sementara pemain PSS juga mencatatkan peluang lewat eks pemain PSIS, Komarodin, tapi sepakan melengkungnya hanya menerpa tiang gawang dari Yofandani.

Dan di menit 87, PSS akhirnya bisa kembali menipiskan skor menjadi 4-2, setelah Rifky Suryawan mencetak gol melalui heading memanfaatkan tendangan sudut Ze Valente. Namun di menit 90+2 kembali PSIS menambah golnya, kali ini lewat heading Hari Nur Yulianto yang memanfaatkan umpan lambung Taisei Marukawa.

Skor 5-2 tidak berubah untuk kemenangan PSIS hingga wasit Totok Fitriyanto meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Dengan hasil ini PSIS telah mengoleksi 10 poin dan memastikan diri menjadi juara di grup A. Di babak 8 Besar PSIS akan ditantang Bhayangkara FC, yang merupakan runner up grup C.

Sementara Carlos Fortes hingga laga melawan PSS Sleman mencatakan diri sebagai top skor sementara Piala Presiden dengan 5 gol dalam empat laga yang telah dimainkan di penyisihan grup. (aria-SS)

Berita Terkait

Top