Dipercantik, Taman Simpang Lima Makin Miliki Daya Tarik


Kawasan Lapangan Pancasila Semarang, renovasi tinggal finishing. Dipercantik untuk menjadikan kawasan ini menjadi salah satu magnet wisata di Semarang. (foto: subagyo/SS)
  • Renovasi tinggal finishing

Semarangsekarang.com – Pembangunan landmark Lapangan Pancasila Taman Simpang Lima kini tinggal finishing. Penambahan tanaman untuk penghijauan merupakan penyelesaian pembangunan untuk mempercantik landmark Simpang Lima sebagai daya tarik objek wisata di kota Semarang. 

Kabid Pertamanan dan Pemakaman Disperkim Kota Semarang, Murni Ediati mengatakan, pengerjaan renovasi pembangunan landmark Lapangan Pancasila Simpanglima kini sudah hampir selesai. Hanya tinggal menambah jenis tanaman, yang sesuai untuk ditempatkan sekaligus berfungsi sebagai penghijauan agar Simpang Lima terlihat lebih cantik.

“Kami melakukan pemilihan jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi agar penghijauan di sana tetap terjaga dan terasa asri. Mungkin jenis tanaman hias seperti yang ada di Taman Signature Piere Tendean, maka perlu perawatan tanaman yang eksklusif,” katanya, Minggu (27/02/2022).

Dikatakan, Pemerintah Kota Semarang tahun ini akan membenahi dan meningkatkan sarana prasarana seperti fasilitas lapangan olahraga remaja dan wahana permainan untuk anak-anak. “Dan, nanti juga ada lapangan untuk lansia. Sehingga taman Simpang Lima bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum, baik untuk keluarga dan aktivitas sejumlah komunitas,” tambah Pipie, sapaan akrabnya. 

Saat ini, Pipie menambahkan, pihaknya masih mendata kebutuhan prasarana apa yang sesuai dengan kebutuhan para lansia, anak-anak dan disabilitas sehingga, mereka bisa nyaman dan aman memanfaatkan fasilitas publik.

Tulisan landmark Lapangan Pancasila dan Simpang Lima telah dirancang cukup sederhana, di belakangnya terdapat tanaman hias berbagai jenis sehingga menambah kesan hijau dan asri. Tulisan Lapangan Pancasila lebih kecil daripada tulisan Simpang Lima. Ini untuk memperjelas dan bisa terlihat jelas oleh pengendara dari arah Jalan Pahlawan menuju Simpang Lima.

Taman Simpang Lima, yang berada di pusat Kota Semarang ini telah memiliki daya tarik untuk menjadi jujugan wisatawan, seperti diketahui, pembuatan landmark Lapangan Pancasila agar masyarakat mengetahui dulunya lapangan yang berada di tengah taman tersebut bernama Lapangan Pancasila.

Hal ini, lantaran ada masukan dari masyarakat, agar mengenal sejarah Kota Semarang yang kini menjadi ”jantungnya” Kota Semarang sehingga Disperkim membuat landmark tulisan Lapangan Pancasila. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top