Pengelola Wisata Lawang Sewu Perketat Prokes Pengunjung


Petugas cek lebih wisatawan. Trend pengunjung Lawang Sewu selama bulan Januari 2022 meningkat dibandingkan dengan kunjungan pada Januari tahun lalu. (foto: subagyo/SS)

Kasus Covid-19 Meningkat

Semarangsekarang.com – Manager Museum Lawang Sewu, dan Indonesia Railway Museum,Trisna Cahyani mengatakan, meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Semarang saat ini, pengelola Lawang Sewu tidak pernah lengah dalam memperketat protokol kesehatan (prokes) setiap pengunjung.

“Pengelola Lawangsewu tetap menerapkan syarat dan ketentuan kunjungan bagi tempat wisata sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” kata Trisna Cahyani, Minggu (06/02/2022). 

Dikatakan Trisna Cahyani, pengelola Musuem Lawang Sewu tidak pernah kendor untuk memverifikasi pengunjung yangq masuk di lokasi objek wisata Lawangsewu dengan syarat dan ketentuan saat berkunjung yang telah ditetapkan pemerintah.

“Seperti penerapan aplikasi PeduliLindungi secara ketat tetap diterapkan, ini terbukti masih ada saja pengunjung yang tertolak masuk karena belum vaksin dan tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksin kepada petugas sebagai persyaratan diizinkan bisa masuk Area Lawang Sewu,” tambahnya.

Prokes yang lain, kata Trisna, diantaranya pengecekan suhu tubuh juga selalu diterapkan, dan imbauan kepada pengunjung untuk selalu menerapkan 5M juga secara aktif dilakukan oleh Petugas.

“Lawang Sewu telah dan selalu berkomitmen untuk menegakan dan mematuhi peraturan pemerintah,” tandasnya.

Diakui Trisna, sampai saat ini belum ada instruksi penutupan sementara tempat wisata dari pemerintah Kota Semarang seiiring dengan adanya peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19. “Sejauh ini belum ada instruksi untuk penutupan tempat wisata. Jadi kami akan dengan disiplin melaksanakan ketentuan dari pemerintah,” paparTrisna. 

Dikatakan, cara pihak pengelola membantu Pemerintah dalam upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Covid 19. “Untuk trend kunjungan pada bulan Januari 2022 meningkat dibandingkan Januari tahun lalu. Sedangkan untuk  jam operasional Lawang Sewu, yaitu hari biasa berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dan saat di akhir pekan atau hari libur jam operasionalnya menjadi lebih panjang dari pukul 08.00-20.00 WIB,” paparnya. 

Terpisah, Humas PT Kereta Api Pariwisata M.Ilud Siregar menjelaskan, hingga saat ini, trend kunjungan wisatawan ke Museum Lawang Sewu terus meningkat. Dari data yang ada, jika dibandingkan dengan kunjungan pada Januari tahun 2021 lalu, dengan Januari tahun 2022 ini ada peningkatan pengunjung yang datang ke museum Lawang Sewu, lebih tinggi hingga mencapai 200 persen.

“Januari 2021 lalu, pengunjung yang datang mencapai 20.781 pengunjung dan diawal Januari tahun 2022 pengunjung yang datang mencapai 70.063 pengunjung. Dan perbandingan pengunjung yang datang saat Tahun Baru Imlek, ada peningkatan yaitu, dari 765 pengunjung di tahun 2021 lalu dan tahun 2022 ini mencapai kurang lebih 2.895 pengunjung,” pungkas Ilud. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top