Tundukkan Persis Solo 2-1 PSIS Pimpin Klasemen Grup A


Striker PSIS Carlos Fortes saat merayakan golnya ke gawang Persis Solo. Fortes sudah mencetak tiga gol di ajang penyisihan Grup A Piala Presiden 2022. (foto: psis)

Semarangsekarang.com (Solo) – PSIS Semarang memantapkan posisi di tempat pertama dengan tujuh poin setelah menjungkalkan tuan rumah Persis Solo dengan skor 2-1, dalam lanjutan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Selasa (21/06/2022) sore.

Jalannya laga, sejak menit pertama babak pertama PSIS Semarang langsung menguasai jalannya pertandingan. Beberapa kali serangan ke pertahanan Persis Solo, masih tertahan lini belakang yang kawal Fabiano Beltrame, Andri Ibo, Aaron Evans dan Abduh Lestaluhu.

Pengawalan ketat terhadap Carlos Fortes, Taisei Marukawa dan Hari Nur Yulianto membuat aliran bola tak terlalu mengancam gawang Muhammad Riyandi. Beberapa peluang masih bisa dimentahkan Riyandi

Baru menit ke 36, PSIS Semarang baru bisa menjebol gawang melalui Alfeandra Dewangga yang melakukan back header setelah menerima assist dari Fredyan Wahyu.

Namun gol Dewangga dibalas Persis Solo di menit injury time 45+2 setelah lemparan ke dalam jauh Aaron Evans langsung bisa dikonversi Fabiano yang berdiri tanpa pengawalan menjadi gol melalui heading yang bolanya gagal dijangkau kiper PSIS, Ray Redondo. 1-1 skor yang mengakhiri laga derby Jateng babak pertama.

Alie Sesay dan Jonathan main

Babak kedua di menit 49 mendapat peluang terbuka, tendangan keras Hari Nur yang terlepas dari pengawalan langsung melepaskan tendangan keras, namun bolanya masih mampu diadang kiper Persis Solo yang tampil luar biasa. Semenit kemudian langsung Persis Solo juga sempat mengancam gawang PSIS melalui serangan balik cepat, beruntung tendangan keras Bagaskara masih melambung diatas mistar gawang.

Di menit ke 56 asisten pelatih PSIS, Resal Oktavian memasukkan Alie Sesay menggantikan Guntur Triaji untuk memperkokoh lini belakang PSIS Semarang. Disusul menit 61 dua pemain bertipikal menyerang Jonathan Cantillana dan Wawan Febrianto masuk menggantikan Hari Nur Yulianto dan Eka Febri.

Masuknya dua pemain baru di lini serang PSIS langsung memberikan ancaman ke gawang Persis Solo, dua kali Riyandi dipaksa melakukan penyelamatan gawang. Ancaman lahir dari Oktavianus Fernando mampu ditahan dan sepakan bebas Cantillana masih juga mampu ditepis.

Baru dimenit 68 gawang Persis Solo akhirnya kembali bisa dibobol untuk kedua kalinya. Kali ini lewat Fortes yang mencatatkan namanya dipapan skor, melalui tandukan setelah menerima assist umpan lambung Fredyan Wahyu. Skor berubah 2-1 PSIS Semarang memimpin.

Meskipun telah unggul tekanan PSIS terus bergelombang. Namun berkat penampilan cemerlang penjaga gawang Muhammad Riyandi, gawang Persis Solo hanya bobol dua kali pada laga kali ini. Skor 2-1 untuk kemenangan PSIS bertahan hingga wasit Tabrani meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan hasil ini, PSIS duduk di puncak klasemen grup A dengan 7 poin dari dua kali menang dan sekali seri, sehingga memperbesar peluang PSIS untuk lolos ke 8 Besar Piala Presiden 2022. (aria-SS)

Berita Terkait

Top