Warga Mesti Antre dan Kehujanan untuk Menerima Bantuan


Tampak sejumlah warga mengantre meski kehujanan di halaman Kelurahan Panggung Lor, Kota Semarang, Selasa (08/02/2022) untuk menerima bantuan. (foto: umardani/SS)
  • Di kelurahan Panggung, Semarang Utara

Semarangsekarang.com – Meskipun didera guyuran air hujan, ratusan warga yang berhak mendapatkan bantuan terlihat rela antre sejak pukul 07.30 WIB di kelurahan Panggung Lor Kecamatan Semarang Utara, pada Selasa (08/02/2022). Mereka antre untuk mendapatkan pelayanan dari petugas Pekerja Sosial Masyarakat dan pihak Bank BNI .

Akibat hujan deras petugas kelurahan sempat kewalahan untuk mengatur antrean warga yang jumlahnya ratusan dan mengular hingga di halaman kantor kelurahan, sehingga sempat menimbulkan kericuhan antara warga dan petugas. 

Tidak tersedianya fasilitas tenda maupun kursi di lokasi membuat lansia yang antre ikut antre terlihat kedinginan.

Camat Semarang Utara M Imron yang datang di lokasi mengaku prihatin dengan situasi dan kondisi warga yang di antre di tengah hujan.

Menurut Imron, tidak adanya koordinasi dari stakeholder membuat antrean cukup memprihatinkan, terutama untuk para lansia.

“Melihat kondisi seperti ini, saya tidak mau ini terjadi lagi, harus di rubah polanya dalam pemberian bantuan, karena ini sangat tidak manusiawi” kata Imron saat ditemui Semarangsekarang.com di sela peninjauan di kantor kelurahan Panggung lor di Jalan Muara Mas Semarang, Selasa (08/02/2022) pagi.

Imron ingin bila ada penyaluran lagi di kemudian hari. Dirinya meminta agar dirubah polanya agar tidak terjadi kerumunan seperti hari ini.
Berdasar data dari petugas PSM, untuk penyaluran di kelurahan Panggung lor, sebanyak 729 orang yang berasal dari 6 kelurahan yang ada di Kecamatan Semarang Utara yaitu Kelurahan Bandarharjo, Kelurahan Bulu lor, Kelurahan Plombokan , Kelurahan Panggung Lor, Kelurahan Panggung Kidul, dan Kelurahan Purwosari.

Meski demikian ia juga mengungkapkan kalau Selasa ini memang jadwal penyaluran BST dari BNI yang ada di Kecamatan Semarang Utara.

Hari ini ada dua titik penyaluran BST di wilayah kecamatan Semarang Utara yaitu di kelurahan Panggung Lor dan kelurahan Kuningan.

“Untuk hari ini, kami sudah langsung koordinasi dengan cara membagikan nomor antrean, sehingga mereka yang antre tidak perlu berdiri, bisa duduk di mana saja” kata Imron.

Sudah terdata

Sementara itu, Aldo mewakili Fauzi selaku PIC dari BNI menjelaskan pihaknya menerjunkan 9 personel untuk menyalurkan bantuan bagi warga di kecamatan Semarang Utara.
Menurut Aldo, bantuan ini adalah bantuan reguler dari BNI untuk warga yang sudah terdata.

“Untuk jumlah yang di salurkan di kecamatan Semarang Utara, untuk titik pertama di kelurahan Panggung lor jumlah yang tersalurkan dari 729 jumlah KPM sedangkan di Kelurahan Kuningan yang terdiri dari 724 KPM, ” kata Aldo.

Menyinggung soal tidak adanya antisipasi menghadapi datangnya hujan hingga membuat warga yang antre kehujanan, Aldo enggan menjelaskan secara detil karena dirinya hanya di membantu penyaluran saja. (umardani-SS)

Berita Terkait

Top