Kontribusi Undip Majukan UMKM Diapresiasi Pemkot Semarang


Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin berfoto bersama peserta SEUMPAMA yang digelar mahasiswa Undip. (foto: istimewa)

Semarangsekarang.com – Menjadi keynote speaker di acara SEUMPAMA (Seminar UMKM Kepada Masyarakat) yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro, Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin mengapresiasi Universitas Diponegoro karena sudah memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat. Menurutnya, seminar UMKM ini merupakan salah satu wujud kontribusi mahasiswa untuk ikut mensejahterakan UMKM di Kota Semarang.

“Kami mengapresiasi Universitas Diponegoro yang telah memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa ini dalam melangsungkan KKN di Kota Semarang. Ini merupakan bukti bahwa mahasiswa turut aktif turun ke lapangan dalam berkontribusi untuk mensejahterakan masyarakat, dalam hal ini pelaku UMKM di Kota Semarang,” ujar Iswar di Balai Kelurahan Pedurungan Tengah, beberapa waktu lalu.

Melalui kegiatan seminar UMKM tersebut, dirinya berharap tidak hanya masyarakat yang akan mendapat manfaatnya. Dirinya ingin mahasiswa sebagai Agent of Change juga dapat belajar cara melayani masyarakat dengan baik dan benar. “Semoga tidak hanya masyarakat yang mendapatkan kebermanfaatan ini, namun juga adik-adik mahasiswa yang bisa belajar melayani masyarakat demi Kota Semarang Semakin Hebat,” ucapnya.

Para pelaku UMKM di Kelurahan Pedurungan Tengah tersebut diberi wawasan tentang pentingnya melindungi merek dagang dari pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, diberi pemahaman tentang perlindungan hukum, hak konsumen, izin usaha, hak merek, K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), branding produk, dan green packing. Dengan demikian, diharapkan para pelaku UMKM Pedurungan Tengah dapat naik kelas sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian Kota Semarang.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang Agus Wuryanto menyampaikan bahwa UMKM merupakan soko guru perekonomian Indonesia. Menurutnya, apa yang dilaksanakan mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro sesuai dengan kebutuhan UMKM di Kota Semarang untuk bisa naik kelas. Dirinya optimis melalui UMKM yang maju dapat mendorong perekonomian di Kota Semarang.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bagus untuk UMKM Pedurungan. Saya sangat mengapresiasi seminar ini karena temanya sangat menarik dan bisa membantu UMKM karena UMKM ini merupakan soko guru perekonomian negara Indonesia. Sehingga tema ini sangat sesuai untuk mendorong perekonomian daerah khususnya UMKM Kota Semarang,” pungkasnya. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top