Tips Berpuasa Tetap Sehat, Segar dan Bugar


Praktisi medik dr Liza Suryani Dewi SpPA MSi Med. (foto: dok istimewa)

Semarangsekarang.com – Bulan Ramadan 1444 H kini, tinggal beberapa hari lagi. Dan, sebentar lagi kita akan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan, bagi umat muslim.

Persiapan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan tersebut, praktisi medik dr Liza Suryani Dewi SpPA MSi Med, memberikan tips, berpuasa agar tubuh tetap sehat, bugar dan segar.

Ia mengatakan, menghadapi bulan puasa yang perlu kita siapkan adalah kekebalan tubuh, kecukupan nutrisi, serta kecukupan cairan dalam tubuh, sehingga stamina tubuh tetap terjaga, sehat, segar dan bugar.

Liza juga menyarankan untuk pilihan makanan yang afdol untuk orang berpuasa yaitu menjaga tubuh tetap kebal perlu didukung cukup rehat, cukup air minum dan cukup nutrisi serta tetap menjaga manajemen stressor.

Misalnya, lanjutnya, bila sebelumnya sudah punya riwayat sakit maag, maka perlu ditangani terlebih dahulu. Penanganan tersebut melalui persiapan pencegahan dengan jenis menu makanan maupun minuman yang aman diperut, sampai ke obat rutin yang dapat digunakan, melalui petunjuk atau advis dokter.

Lalu, kecukupan cairan sangat penting bagi setiap orang yang menjalani ibadah puasa. Tetap diperhitungkan jumlah cairan yang diminum atau dikonsumsi, maupun jumlah cairan yang dikeluarkan, sehingga ada keseimbangan yang baik dalam tubuh meski sedang berpuasa.

Nutrisi seimbang

Berpuasa tetap dapat dilakukan dengan pengaturan tertentu, dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan yang disertai penyakit tertentu setelah diterapi dengan obat-obatan dokter, perlu adanya advis dokter yang menangani sebelumnya, sehingga dokter bisa mengetahui kondisi pasien yang akan menjalani ibadah puasa.

Dikatakannya, kebutuhan nutrisi dalam tubuh sangat berpengaruh pada saat berpuasa. Biasanya, pilihan menu puasa adalah makanan segar dan manis yang banyak mengandung zat gula, dan karbohidrat.

”Kita perlu mencermati, sampai batasan mana sebenarnya makanan yang tinggi kalori dan tinggi karbohidrat yang layak dan boleh dikonsumsi oleh saudara-saudara kita yang menjalani ibadah puasa,” ucap dr Liza yang kini juga dinas di RS Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto.

Menurutnya, menu makanan ideal yang baik dan sehat untuk orang berpuasa, adalah makanan dengan kandungan nutrisi seimbang yang cukup protein, cukup karbohidrat, maupun lemak.

‘Saat ini, banyak tersedia junk food, sementara yang terkandung dalam junk food yang cepat saji dan enak tersebut adalah karbohidrat dan lemak, sementara jumlah proteinnya sangat sedikit,” ungkapnya. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top