Penderita Kanker Ditentukan Banyak Hal


Gambar ilustrasi. (foto: alodokter.com)

Semarangsekarang.com – Lama panjang umur seseorang penderita kanker bisa ditentukan banyak hal. Apalagi penderita kanker yang menimpa pada anak anak.

Hal itu diungkapkan oleh Penanggung jawab/Koordinator Tim Kesehatan Badan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Jawa Tengah dr Liza Suryani Dewi kepada Semarangsekarang.com, Senin (28/02/2022).

Dikatakan, pola makan, yang terkait dengan sosial ekonomi keluarga, tingkat pendidikan Ibu, psikologi keluarga, dan sebagainya. Persoalannya, sangat kompleks.

“Apakah kanker yang high grade, cepat, ganas sekali mudah berkembang, atau sebaliknya, low grade yang lambat berkembang. Sangat menentukan panjang usia seseorang dengan kanker,” tambahnya.

Dokter Liza meyakini harapan seseorang dengan kanker selalu ada karena masih ada Tuhan dan ikhtiar berupaya, tak pernah ingkar janji pada usaha. “Harapan selalu ada, karena masih ada Tuhan. Orang dengan kanker masih ada harapan sembuh,” imbuhnya.

Ia berharap agar tindakan preventif adalah yang utama terhadap orang dengan kanker. Sejauh ini, berdasarkan data dari Childhood cancer survivor study : an overview, ditemukan bahwa 85 % dapat melampaui 5YSR, 5tahun harapan hidup.

Dikatakan, pola makan, yang terkait dengan sosial ekonomi keluarga, tingkat pendidikan Ibu, psikologi keluarga. Sangat kompleks. Semua tergantung banyak dan yang penting adalah usaha, dan Allah lah yang utama. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top