10 Pemain Timnas Indonesia Singkirkan Vietnam


Taufani Muslihuddin, sang penentu kemenangan Indonesia atas Vietnam tampak disambut antusias rekan-rekannya sesaat usai cetak gol. (foto: pssi)

  • Tantang Thailand di Final

Semarangsekarang.com (Jakarta) – Timnas sepakbola Indonesia lolos ke babak Final SEA Games 2023 Kamboja setelah dalam laga semifinal yang berlangsung Sabtu (13/05/2023) di National Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja menang dramatis 3-2 atas Timnas Vietnam U-22.

Padahal tim asuhan Indra Sjafri itu sejak menit ke 60 bermain dengan 10 orang setelah Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua dari wasit asal Korea Selatan Kim Hee-gon.

Dalam laga ini Indonesia membuka Gol dari Komang Teguh di menit 10 setelah mengkonversi lemparan ke dalam dari Pratama Arhan, namun disamakan oleh Nguyen Van Tung di menit 36.

Indonesia unggul lagi pada menit ke-53. Marselino Ferdinan yang melakukan tendangan dari luar kotak pinalti setelah menerima bola assist halauan kiper Vietnam dari hasil lemparan ke dalam Arhan. Namun delapan menit setelah gol kedua inilah Arhan dipaksa keluar lapangan setelah dapat kartu kuning kedua dari wadit asal Korsel. Dan setelahnya Vietnam kembali menyamakan kedudukan 2-2 pada menit ke-79 akibat Bagas Kaffa melakukan gol bunuh diri setelah halauan bolanya justru masuk ke gawang Ernando Ari

Meskipun bermain dengan 10 pemain Indonesia justru mencetak gol kemenangan lewat tendangan keras Taufani Muslihuddin pada masa injury time 90+4 menit. Keunggulan Indonesia 3-2 bertahan hingga pertandingan usai, sekaligus mengantarkan ke laga final cabang sepakbola SEA Games Kamboja 2023.

Di babak final, Indonesia akan ditantang Thailand setelah mengkandaskan Myanmar 3-0 pada semifinal lainnya. Babak final akan berlangsung di National Olympic Stadium, Selasa 16 Mei 2023.

Punya nyali dan fight

Seusai laga Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang menyaksikan langsung laga seru ini mengatakan, “Terima kasih kepada pemain-pemain kita di lapangan, yang saya selalu ingatkan bahwa kita punya mental, punya nyali, ada hari ini. Itu yang membuat kita menang.”

”Dengan 10 pemain, kita kebobolan karena kita terus lawan terus lawan, tinggal dua menit, kita menggolkan. Itulah Indonesia yang kita mau,” ujar Erick lagi sambil menahan emosional.

“Terima kasih masyarakat Indonesia, terima kasih pencinta sepakbola Indonesia yang terus berdoa, terus percaya bahwa tim kita ada. Terima kasih pada pemain yang membuktikan kita punya nyali, kita punya mental,” tegasnya.

“Selama ini selalu kita dibilang enggak siap, buktinya hari ini kita siap. Kita punya fight. Itulah yang kita mau ke depan. Indonesia yang bisa sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia. Tidak hanya melihat masa lalu, tapi masa depan,” Imbuhnya¬†

“Sekarang kembali kita fokus dan recovery pemain. Ini jadi kunci karena pasti kelelahan, secara fisik secara mental. Sekarang harus siap lagi untuk final,” pungkas Erick Thohir. (aria-SS)

Berita Terkait

Top