DPRD Dorong PDAM Tingkatkan Pelayanan Terbaik Pelanggan Premium


Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Mualim (batik coklat) bersama WaliKota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat menghadiri acara HUT PDAM Tirta Moeda ke 122 saat berfoto bersama jajaran pegawai PDAM. (foto: istimewa)

  • Tekan Pengambilan Air Bawah Tanah

Semarangsekarang.com – DPRD Kota Semarang mendorong PDAM Tirta Moedal melakukan peningkatan pelayanan pelanggan premium yang merupakan pelanggan dengan kebutuhan air yang cukup banyak misalnya, perusahaan atau kawasan industri.

Saat ini, masih banyak perusahaan-perusahaan di ibu kota Jawa Tengah perlu diajak menjadi pelanggan. Mereka harus beralih dari air sumur ke PDAM dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk mencegah penurunan permukaan tanah.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim mengatakan, hal ini menjadi tantangan PDAM untuk mengajak mereka beralih ke PDAM dengan diluncurkannya Pelayanan Pelanggan Premium bertepatan pada HUT ke-112 PDAM Tirta Moedal.

“Kita lihat banyak perusahaan yang bikin sumur jadi bagaimana bisa kita tekan dan bisa memanfaatkan PDAM karena sekarang juga sudah ada Jatibarang,” terang Mualim, saat menghadiri peringatan HUT ke-112 PDAM Tirta Moedal, Kamis (12/10/2023) kemarin.

Dia menekankan, PDAM harus bisa meningkatkan pelayanan dan suplai air bersih untuk masyarakat. Pengambilan air bawah tanah tidak boleh dibiarkan karena akan menyebabkan penurunan permukaan tanah.

“Kalau berkurang terus air bawah tanahnya maka yang terjadi permukaan tanah akan merugikan masyarakat juga,” ucapnya.

Dikatakan dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Semarang tercantum bahwa PDAM harus bisa memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh masyarakat, tak terkecuali perusahaan besar.

Dia menilai, pelayanan PDAM dari tahun ke tahun sudah meningkat. Kebocoran air sudah semakin berkurang. Air kualitas kotor juga sudah teratasi. Bahkan, PDAM saat ini memiliki produk minuman kemasan.

“Secara tidak langsung jelas ini ada peningkatan yang luar biasa. Kita harus support terus agar PDAM ke depan semakin maju dalam memberikan pelayanan. Jadi tidak hanya konsentrasi mencari keuntungan tapi juga pelayanan terbaik untuk masyarakat juga penting,” paparnya. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top