Batik Benang Ratu Semarang Kembangkan Sayap ke Yogya


Konsumen yang merupakan wisatawan saat memilih produk Batik Benang Ratu cabang Jalan Gedongkuning, KD IX, Bantul, Yogya, seusia grand opening, Sabtu (24/02/2024). (foto: dok istimewa)

Semarangsekarang.com – Mengusung konsep kemitraan dengan UMKM, Batik Benang Ratu terus mengembangkan sayap. Kali ini membidik sektor pariwisata di Yogyakarta dengan membuka gerai baru di Bantul, tepatnya Jalan Gedongkuning Selatan KD IX, Banguntapan, dimana grand opening dilakukan pada Sabtu (24/02/2024) lalu.

Gerai di Jalan Gedongkuning Bantul ini merupakan cabang ke-5 dari jaringan Batik Benang Ratu yang berkantor pusat di Semarang.

Jaringan grosir dan eceran batik ini melihat prospek bisnis penjualan batik di Yogyakarta tidak ada matinya.

Maka Benang Ratu yang awalnya membidik pasar ritel, turut terjun di sektor pariwisata dengan membuka toko oleh-oleh batik di Yogya.

“Di Yogya ini produsen batik banyak sekali, tetapi peminatnya juga banyak, selain masyarakat warga Yogya sendiri, juga banyak wisatawan mencari oleh-oleh batik. Awalnya kami ritel, sekarang juga ke bisnis sektor pariwisata yaitu oleh oleh batik. Karena Jogja adalah kota pariwisata. Produsen batik di Jogja banyak, tapi peminatnya juga banyak, sehingga pangsa pasar masih luas sekali,” papar Maria Eunike Santoso, owner Batik Benang Ratu, Sa, ketika peresmian pembukaan cabang ke-5 jaringan toko Batik Benang Ratu Bantul.

Maria juga mengklaim harga produknya merupakan harga pabrik, yang membuat konsumen mendapatkan harga pasti (fixed price).

Grand opening pusat oleh-oleh Batik Benang Ratu di Jalan Gedongkuning Selatan KD IX, Banguntapan, Bantul, Yogya, ditandai pelepasan balon. (foto: dok istimewa)

Adapun konsep bisnis dijalankan dengan menggandeng UMKM produsen batik di kampung-kampung.

“Konsepnya, kami bermitra dengan UMKM, untuk mengangkat produk UMKM di sebuah gerai besar grosir dan eceran, serta menjadi pusat oleh-oleh batik. Dengan begini kami bisa mengangkat produk batik UMKM. Dimana hasil produksi UMKM bisa digelar di tempat yang besar dan bagus. Walaupun tempatnya besar dan bagus tapi menyediakan pangsa untuk masyarakat dengan harga murah tapi sangat nyaman berkonsep seperti mall,” lanjutnya.

Cabang di Gedongkuning Bantul ini merupakan relokasi dari cabang sebelumnya di Jalan Brigjend Katamso Yogya. (sutjipto-SS)

Berita Terkait

Top