Gajah Jadi Inspektur, Burung Kakaktua Penarik Tali Bendera


Suasana kemeriahan kegiatan Parade Satwa dan Animal Show untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Semarang Zoo, Kamis (17/08/2023). (foto: istimewa)

  • Parade Satwa di Semarang Zoo saat 17-an

Semarangsekarang.com – Memeriahkan HUT RI ke 78, objek wisata Semarang Zoo yang telah melekat dengan nama Kebon Binatang Mangkang menampilkan 50 koleksi satwa saat mengikuti parade Satwa dan Animal, Kamis (17/08/2023) kemarin.

Koleksi primadona Semarang Zoo tersebut sangat menarik dalam parade kali ini, satwa koleksi yang baru di Semarang Zoo, yaitu gajah Sumatera, Shela diberikan peran untuk menjadi “petugas” upacara 17 Agustus, dan bersama Burung Kakaktua sebagai penarik tali saat pengibaran bendera merah putih.

Upacara bendera digelar di wahana Animal Show, sekaligus performance beberapa satwa lainnya seperti atraksi terbang Julang Mas dan ketangkasan aneka satwa benar-benar menghibur pengunjung.

Direktur Semarang Zoo, Choirul Awaludin pada kesempatan itu mengatakan, puluhan satwa dan pegawai melakukan pawai berkeliling area Semarang Zoo menyapa pengunjung, diiringi dengan musik marching band.

Aneka satwa seperti gajah, reptil, ular, kuda dan burung serta lainnya turut larut dalam suasana kemeriahan. “Barisan arak-arakan itu, diantaranya ada yang sambil membawa bendera Merah Putih,” kata Choirul, Jumat (18/08/2023).

Kegiatan atraksi satwa koleksi Bonbin Mangkang itu, lanjut dia, sudah berlangsung tahun ke tiga, yang dimulai sejak tahun 2021 dan sangat menghibur pengunjung

“Parade Satwa ini akan kami gencarkan tiap tahun. Tujuannya agar menjadi ikon di Semarang Zoo. Sekaligus menarik pengunjung untuk berdatangan kesini,” paparnya.

Diakui, pengunjung terlihat tak seramai pada hari libur dan akhir pekan, tetapi adanya acara parade satwa ini bisa meningkatkan antusias masyarakat untuk datang ke Bonbin Mangkang.

“Hal juga lantaran waktunya bersamaan dengan kegiatan serupa yang digelar di tempat-tempat lainnya,” katanya.

Mencintai Satwa

Harapannya, melalui parade satwa, konser kemerdekaan dan gathering komunitas reptil bisa menggugah rasa mencintai satwa.

”Kemudian agar¬† tetap lestari di bumi, satwa juga simbol keberagaman kemajemukan suku bangsa di Indonesia. Satwa endemik di tiap wilayah, misalnya Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Orangutan Kalimantan, Julang Mas Jawa. Kalau bicara keberagaman Indonesia, juga disimbolkan dengan keanekaragaman satwa. Selain itu juga digelar lomba melukis dan pelatihan membatik bagi pengunjung,” pungkasnya. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top