Satupena Grobogan Segera Dibentuk


Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie didampingi Sekretaris Umum Mohammad Agung Ridlo menyerahkan buku antologi esai lingkungan hidup “Bencana: Dari Berbagai Perspektif”, sekaligus memberikan mandat kepada Budi Utomo untuk membentuk Satupena di Grobogan. (foto: dok satupena jawa tengah)

Semarangsekarang.com – Perkumpulan Penulis Indonesia “Satupena” Kabupaten Grobogan segera akan dibentuk dalam waktu dekat ini. Budi Utomo, penulis yang berdomisili di Gubug, Grobogan, mendapatkan mandat untuk membentuk dan memfasilitasi organisasi tersebut berencana mengumpulkan para penulis di wilayah itu untuk berembuk.

Budi Utomo bersama Nur Uhbiyati yang juga dari Grobogan telah melakukan konsultasi dengan Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie dan Sekretaris Umum Mohammad Agung Ridlo di sekretariat lembaga tersebut, Jalan Taman Karonsih I/1103, Semarang, Sabtu (10/02/2024).

Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie menjelaskan tentang prosedur dan tata cara pembentukan Satupena di kabupaten dan kota. Kebetulan di Jawa Tengah telah terbentuk Satupena di sejumlah kabupaten dan kota, seperti Kabupaten Blora, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Karanganyar, Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang.

Beberapa kabupaten/kota seperti Sukoharjo, Kudus, Boyolali, Pekalongan, Banjarnegara, dan Kota Semarang masih dalam proses konsolidasi dan koordinasi untuk pembentukan Satupena.

Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah Mohammad Agung Ridlo menambahkan, Satupena berpusat di Jakarta dan diketuai Denny JA. Kepengurusan Satupena telah terbentuk pada 34 provinsi, termasuk Jawa Tengah. Para Ketua Satupena di tiap provinsi diberi tugas oleh Denny untuk mengembangkan, membina, dan menggerakkan literasi di daerah masing-masing. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top