Satupena Targetkan Terbentuk di 35 Kabupaten/Kota di Jateng


Sebagian peserta Rapat Persiapan Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Satupena Kota Semarang bergambar bersama. (foto: dok. satupena)

Semarangsekarang.com – Perkumpulan Penulis Indonesia “Satupena” Provinsi Jawa Tengah ditargetkan terbentuk di 35 kabupaten/kota Se-Provinsi Jawa Tengah tahun 2024 ini. Hal ini agar gerakan dan kegiatan literasi yang dilakukan Satupena Jawa Tengah dapat terdesentralisasi ke daerah-daerah.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie dalam Rapat Persiapan Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Satupena Kota Semarang periode 2024-2029 di Aula Kantor Camat Banyumanik, Kota Semarang, Jumat, 8 Maret 2024.

Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Satupena Kota Semarang yang diketua Fadjar Setijo Anggraeni itu direncanakan 25 April 2024 di Balaikota Semarang.

Menurut Gunoto Saparie, Satupena Provinsi Jawa Tengah yang terbentuk bulan April 2022 di samping memiliki program kerja sejumlah kegiatan literasi, seperti penerbitan buku, pelatihan penulisan artikel dan jurnalistik, parade baca puisi, juga konsolidasi organisasi, antara lain pembentukan Satupena di kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Sampai saat ini yang baru terbentuk di Kabupaten Semarang, Blora, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Salatiga. Pembentukan Satupena Kota Semarang direncanakan setelah Lebaran dan difasilitasi Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang.

Dalam draf kepengurusan Satupena Kota Semarang tercantum sejumlah nama penulis, selain Anggraeni, adalah Maya Diana Kusuma Dewi, Adnan Ghiffari, Alem Savero Reyhan, Nur Sitha Afrilia, Linda Mutiara Lumban Tobing, Siti Juhanah, Merry Naufa Wahyu W, Dewi Tri Nugraheni, Christian Saputro, Marlin Monas, Visi Asrining Njani, Bareta Hendy Pamungkas, Bambang AS, dan Hanifah Albary. Sebagai penasihat Dr. Sutji Harijanti dan Fitri Astuti Lestari.

Subkoordinator Akuisisi dan Deposit Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang Sapto Nugroho menyatakan gembira karena akan segera dibentuk Satupena Kota Semarang. Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang membutuhkan mitra dari para penulis untuk memajukan literasi. Banyak program dan kegiatan yang barangkali dapat disinergikan dan dikolaborasikan.

Sebelum rapat ditayangkan video profil Satupena sebagai upaya untuk lebih mengenal organisasi penulis ini. Hadir beberapa pengurus Satupena Jawa Tengah, selain para calon pengurus Satupena Kota Semarang. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top