Kwarcab Kota Semarang Targetkan 50 Ribu Anggota Pramuka Garuda


Anggota Pramuka di Kwartir Cabang kota Semarang saat mengikuti Pengukuhan Tim Penilai Pramuka Garuda dan Tim Pengembang Gugus Depan Mantap Gerakan Pramuka Kwartir cabang Kota Semarang. (foto: umardani/SS)

Semarangsekarang.com – Sebanyak 135 anggota Pramuka di Kwartir Cabang kota Semarang mengikuti Pengukuhan Tim Penilai Pramuka Garuda dan Tim Pengembang Gugus Depan Mantap Gerakan Pramuka Kwartir cabang Kota Semarang, Jumat (01/03/2023) lalu.

Pengukuhan peserta berlangsung di pendopo Kwartir Cabang Kota Semarang di pimpin oleh Wakil Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab)Kota Semarang A Dawud Budiyanto.
Dalam sambutanya, Dawud menegaskan, menjadi seorang Pramuka Garuda yang penting adalah membina mental calon anggota pramuka karena pembinaan adalah tugas mulia.

“Kami berpesan kepada tim untuk mengemban tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab untuk mewujudkan Pramuka di Kota Semarang semakin berkualitas” katanya.

Dawud menjelaskan, yang terpenting dalam pengukuhan ini adalah upaya untuk meningkatkan kualitas Pramuka Garuda, jadi bukan hanya dari sisi kuantitas yang menjadi prioritas. terpenting adalah hasilnya dengan menelurkan Pramuka Garuda yang berkualitas dan gugus depan yang benar-benar bisa diandalkan

“Jumlah anggota Pramuka Garuda sekarang ini sudah mencapai seribu anggota, sehingga dari sisi kuantitas Pramuka Garuda di Kota Semarang sudah cukup banyak,” kata Dawud.

Namun demikian, lanjut Dawud, jumlah tersebut masih dirasa kurang. Karena pada tahun 2024 Pramuka Garuda di Jateng diharapkan mencapai angka 50.000. Maka masih perlu ditingkatkan lagi

Dawud menjelaskan Untuk tim pelaksana pengembang Gudep mantap misalnya, akan menciptakan gugus depan di masing-masing ranting dengan cara dibina dan dikembangkan.

Dari 16 Kwarran

Tim dibentuk dengan anggota berasal dari 16 Kwarran yang ada di Kota Semarang,”
”Semua ranting ada perwakilannya sebagai tim penilai dan tim pengembang di tingkat cabang,” tandasnya.

Menurut Dawud, mulai dari Pramuka Garuda untuk siaga, penggalang, penegak, dan pandega, tim penilai sudah dibagi sesuai dengan jenjangnya masing-masing.
Sekretaris Kwarcab kota Semarang Annur Iskandar menambahkan ada tiga tim yang akan dilantik yaitu Tim Pengembang Pramuka Garuda, Tim Penilai Pramuka Garuda dan Tim Pengembang Gugus Depan.
Annur menjelaskan untuk Tim Pelaksana Pengembang Gudep Mantap diketuai Ringsung Suratno, Sekretaris Awang Wisnuaji, dan didukung dengan 28 anggota.

Tim Pengembang Pramuka Garuda dipimpin Ketua Hasan Rifai, Wakil Ketua M Zainal Arifin, Sekretaris Yoga Mustafa, dan delapan orang anggota. (umardani-SS)

Berita Terkait

Top