IDCA Mewadahi Olahraga Rekreasi Masyarakat


Ketua IDCA Jateng Monalisa setelah dilantik pengurus pusat menerima bendera petaka IDCA untuk dikibarkan ke seluruh wilayah Jateng. (foto: istimewa)

  • Pengurus IDCA Jateng Terbentuk

Semarangsekarang.com – Pengukuhan pengurus perkumpulan drum corps Indonesia Jawa Tengah (Indonesia Drum Corps Asosiation) masa bakti 2023-2027 dilantik pengurus pusat di Hotel Horison In Jalan Kiai Saleh Semarang, Sabtu (03/06/2023).

Ketua umum IDCA Jateng yang dilantik adalah Monalisa didampingi wakil ketua 1 Agus Mulyadi dan wakil ketua 2 Suparman, Sekretaris Ninink dan Bendahara Eliya Hariyanti. Dilengkapi dengan kepengurusan berbagai bidang lainnya.

Ketua IDCA Jateng Monalisa mengatakan, Organisasi perkumpulan drum corps Indonesia Jateng ini untuk mewadahi kegiatan olah raga rekreasi masyarakat Indonesia, yang kini terus berkembang hampir di seluruh wilayah kabupaten/kota di Jateng.

” Terbentuknya IDCA di tingkat provinsi diharapkan bisa amanah yang diemban dengan penuh kekompakan dan kebersamaan, setia, taat, mantap dan jujur (STMJ),” ungkapnya di Semarang, Sabtu (03/06/2023).

Menurutnya, organisasi ini bisa bertambah lancar sehingga dapat mengembangkan seni sesuai tingkatannya sampai ke bawah.

“Dibawah payung Kormi selalu melakukan koordinasi, sehingga dalam waktu mendatang bisa ikuti Forda Kormi di GOR Jati diri Semarang. Kegiatan tersebut juga didukung Kormi, Akpelni dan dalam waktu mendatang akan ikuti lomba yang sama di Bandung.”

Sementara itu, Ade Leo dari Disporapar Jateng mengatakan, pihaknya merasa senang karena dalam terbentuknya organisasi ini ada Agus Mulyadi yang juga sebagai penasehat Kormi yang tergabung didalamnya, luar biasa kinerjanya sehingga bisa belajar dari Pak Agus.

“Saya ucapkan kepada Bu Monalisa ketua Baru tapi stok lama dalam kepengurusan Kormi. Namun baru dilantik sudah ada kegiatan Forsa Korni,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta untuk tetap semangat menjaga kebersamaan dan tetap menjunjung amanat UU untuk berkumpul dan berserikat. Jangan berhenti dalam membangun kegiatan didalamnya dan menjadi tugas kita bersama.

“Yang jelas masuknya PIP dan Akpelni dalam organisasi ini tidak keliru, sehingga menjadi pewarnaan luar biasa. langkah ini menjadikan semangat dan berguna bagi bangsa dan negar,” katanya.

Rumah baru

Sementara itu, Ketua Umum IDCA Pusat yang diwakili Krisna Widi Aria mengatakan, dengan terbentuknya kepengurusan yang lengkap ini merupakan sebuah momen bahwa provinsi Jateng sudah siap ikut drum corps nasional dan internasional sebagai rumah baru untuk berkarya.

Menurutnya, drum corps ini terbentuk pada awalnya tahun 2015 pada saat ikuti drum corps USA, dimana ada orang Amerika lihat bermain drum corps musik, yang melihat pertunjukan terbelalak dan menjadi head line berita disana.

“Karena melihat permainan yang dinilai asik ini, akhirnya timbul ide dan bertukar pikiran dari teman yang terjadi saat ini, sehingga menimbulkan potensi luar biasa. Hanya IDCA ke Indonesia diterima pertama kali oleh Bapak Gubernur Banten Rano Karno saat itu.”

Namun demikian, terbentuknya IDCA ini sebagai salah satu drum corps dari dunia, menjadi mimpi bersama sebagai organisasi IDCA tahun 2017 di Serang dan pindah ke tempat strategis venue ICCI, lalu dikembangkan untuk kelas dunia di stadion GBK.

“Dari berbagai negara mau ikut gabung, tapi kita belum tentu bisa masuk dari negara lain. Hanya tahun 2020 belum bisa dilakukan karena pandemi covid, sehingga baru 2O22 dilaksanakan kembali di Bandung, sehingga menjadi percakapan publik. Baru tahun 2023 ini terus dikembangkan yang akhirnya IDCA menjadi organisasi internasional. Terbukti mulai Januari sampai Juni keliling ke teman negara Thailand,” ungkapnya.

Meski demikian, tidak hadirnya Ketum IDCA hari ini menghadiri undangan ke Cina dalam kaitan IDCA.

“Pesan Ketum kepada teman teman yang dilantik untuk bekerja sesuai program diberikan dengan pusat Fornas di Palembang dan menjadi primadona bagi masyarakat. Diharapkan terus koordinasi dengan daerah dan Kormi sehingga bisa berkembang dan maju,” pinta Widi. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top