DPRD Siap Bantu Penambahan Fasilitas SMPN 45 Semarang


Segenap anggota Komisi D DPRD Kota Semarang saat berada di lokasi SMPN 45 yang kini masih terus dilakukan penambahan fasilitas. (foto: subagyo/SS)

Semarangsekarang.com – Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang Anang Budi Utomo menyatakan siap membantu penambahan fasilitas belajar dan untuk berkegiatan SMP Negeri (SMPN) 45 di Jalan Rejomulyo di wilayah kelurahan Wates Ngaliyan Kota Semarang.

Hal tersebut didasarkan karena SMP itu baru satu tahun digunakan walaupun proses kontruksi belum selesai. “SMPN 45 memang baru dua kali melakukan PPDB sehingga masih banyak kekurangan fasilitas dan kami akan membantu membenahinya,” ujar Anang saat melakukan sidak yang diikuti segenap anggota Komisi D, Kamis (24/08/2023).

Permintaan dari siswa dan guru di SMPN 45 antara lain musola, laboratorium komputer, dan kantin. Anang bahkan menekankan pentingnya pengadaan kantin. “Kantin di SMPN 45 bagi kami penting, karena kualitas jajanan yang higienis bisa terpantau dan siswa diharapkan tidak jajan di luar sekolah yang kualitasnya sulit untuk dikontrol,” ujar Anang.

Dikatakan Anang, mereka juga usul untuk dibuatkan lapangan supaya bisa untuk futsal, sepakbola, basket, voli, bulu tangkis, dan lain-lain. Lapangannya minta yang cor-coran atau beton.

Anang mengaku akan memperjuangkan permintaan dari SMPN 45 melalui usulan APBD Perubahan. “Insya Allah permintaan-permintaan itu kami usulkan di APBD Perubahan sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada,” tambahnya.

“Jadi nanti total yang tersedia mungin antara 200 sampai 250 juta rupiah. Kita akan atur prioritas yang mendesak untuk segera direalisasikan,” terang Anang.

Selain fisik, Anang juga akan membantu pengadaan guru dan tenaga pendidik. Di SMPN 45 sendiri sudah ada 20 guru dan tenaga pendidik yang sebagian besar berstatus SKB.

“Kemudian dari sisi SDM, di tahun depan akan ada penambahan guru sesuai dengan pertambahan rombongan belajar. Mungkin masih dengan sistem SKB agar guru SKB lama tetap mengajar di sini. Unsur-unsurnya juga bisa kami usulkan dari PPPK atau ASN angkatan baru. Nanti akan kita perjuangkan di tingkat Pemkot Semarang,” tutupnya. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top