USM Kampanyekan Pesona Nusantara’Baju Adat Indonesia


Seorang turis asal Korea (kiri) bangga bisa mengabadikan momen langka ketika menjadi wisatawan di Semarang berfoto bersama mahasiswa Ilkam USM mengenakan baju adat Nusantara. (foto : ist)

Semarangsekarang.com (Semarang),- Kampanye Eksplorasi “Pesona Nusantara Baju Adat Indonesia” yang dilakukan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), mendapat antusiasme masyarakat, tak terkecuali turis asal Korea Selatan. Acara yang digelar bertepatan dengan Car Free Day (CFD) Simpang Lima, Kota Semarang, Minggu (2/6/2024) itu, menampilkan bermacam baju adat daerah di wilayah Indonesia. Dalam kegiatan ini para mahasiswa juga menyelipkan pembagian stiker kepada warga.

Menurut Ketua Panitia Ananda Aqila, kegiatan kampanye pesona baju adat berhasil menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara seperti turis asal Korea Selatan dan mengabadikan momen langka dengan berfoto bersama.

”Saat sedang keliling dan membagikan stiker ada wisatawan lokal hingga turis dari mancanegara seperti turis asal Korea Selatan yang mengabadikan momen pesona peserta kampanye memakai bermacam baju adat dengan memotret. Kami juga diabadikan,” kata Ananda Aqila.

Menurut Aqila, kegiatan tersebut dilakukan untuk memperkenalkan beberapa pakaian adat Indonesia, mulai dari baju adat dari Jawa, pulau sebrang Sumatera, Kalimantan hingga baju adat dari Papua.

Selain itu, kampanye pesona Nusantara mengenakan pesona baju adat sebagai bentuk kepedulian terhadap kesadaran generasi muda mengenai warisan budaya Indonesia dan mensosialisasikan kearifan budaya lokal.

”Kami berharap, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terutama generasi muda mengenai pakaian adat yang kita miliki. Pasalnya, banyak dari masyarakat belum tahu jika di Indonesia memiliki pakaian adat yang beragam,” ungkapnya. (subagyo/ss)

Berita Terkait

Top