Dishub Kota Semarang Imbau Pemudik Tertib Berkendara


Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Endro P Martanto. (foto: dok istimewa)

  • ¬†Libur Lebaran jadi 7 hari

Semarangsekarang.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto berharap momen mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 H, tahun ini bisa berjalan lancar. Apalagi, masyarakat antusias untuk mudik setelah tak ada lagi PPKM.

“Kami berharap pemudik yang melintas di Kota Semarang bisa tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas serta memperhatikan rambu-rambu yang ada serta menjaga kesehatan dan agar tubuh tetap dalam kondisi yang sehat selama dalam perjuangannya dalam perjalanan,” kata Endro P Martanto, Senin (27/03/2023).

Dikatakannya, para pemudik yang merasa lelah dan terasa mengantuk di tengah perjalanan, maka istirahat yang cukup di rest area atau di tempat-tempat yang telah disediakan atau bisa bergantian dengan sopir cadangan.

Endro P Martanto, juga berharap adanya penambahan jumlah hari libur Lebaran untuk ASN, baik untuk cuti bersama maupun cuti Lebaran dari pemerintah perlu dimanfaatkan dengan baik untuk mengatur jadwal untuk pulang ke kampung halamannya.

*Sehingga ada pemudik yang bisa pulang kampung lebih awal. Apalagi libur cuti bersama dimajukan dua hari dari jadwal cuti bersama sebelumnya,* tambahnya 

Maka, lanjut Endro, ada waktu agak leluasa bagi para pemudik yang ingin melaksanakan ritual tahunan pada tradisi mudik Lebaran. Sedangkan untuk yang bekerja di swasta juga bisa memilih mudik di awal untuk mengindari kepadatan lalulintas ditengah perjalanan yang jauh.

SKB 3 Menteri

Sementara, Pemerintah telah melakukan perubahan tanggal cuti bersama Idul Fitri 1444 H. Perubahan tersebut dengan dimajukan serta ditambah beberapa hari libur Lebaran 2023 yang sebelumnya telah ditetapkan dalam SKB 3 Menteri.

Total libur Lebaran 2023 tahun ini jadi tujuh hari dari sebelumnya yang enam hari libur. Perubahan tanggal libur Lebaran 2023 dimulai dari tanggal 19 April 2023 sampai 25 April 2023.

Dengan rincian, tanggal 19-21 April 2023 libur cuti bersama, kemudian pada tanggal 22, 23 April libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Lalu, tanggal 24 dan 25 April 2023 libur cuti bersama.

Penambahan libur Lebaran dari sebelumnya 6 hari menjadi 7 hari, lantaran tingkat mudik tahun ini diprediksi sangat tinggi sehingga penambahan cuti bersama Lebaran 2023 dinilai efektif dalam menghindari penumpukan jalur mudik.

Dikatakan Endro, Dinas Perhubungan Kota Semarang terus mengimbau masyarakat yang akan melakukan mudik pulang ke kampung halaman yang melintas atau tujuan kota Semarang agar tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Sebab, dengan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan dan memperhatikan rambu-rambu jalan dan keselamatan berkendara atau safety, pemudik bisa melakukan perjalanan dengan lancar sampai tujuan dengan aman dan selamat. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top