Forwakot Gelar Lomba Mewarnai di Semarang Zoo, Berhadiah Uang Pembinaan


Kemeriahan suasana saat lomba mewarnai di Semarang Zoo Mangkang beberapa waktu lalu. (foto: istimewa)

  • Digelar Minggu 17 Desember 2023

Semarangsekarang.com – Anak-anak usia lima tahun ke bawah masuk dalam kategori golden age (usia emas) di mana imajinasi dan daya pikirnya masih harus dikembangkan. Salah satu upaya efektif untuk merangsang daya imajinasi mereka adalah dengan mewarnai gambar.

Oleh sebab itu, berdasarkan manfaat-manfaat yang dijelaskan tadi, Forum Wartawan Balai Kota (Fowakot) Semarang akan mengadakan lomba mewarnai bagi anak-anak TK dan PAUD.

Kegiatan ini akan digelar di Taman Satwa Semarang (Semarang Zoo) pada Minggu 17 Desember 2023 mendatang. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Ketua Forwakot Adenyar Wicaksono mengatakan, lomba mewarnai ini berupa permainan menyenangkan bagi anak-anak untuk tiga kategori, yaitu TK A, TK B, dan PAUD. Selain itu, panitia juga menyediakan uang pembinaan bagi para juara di setiap kategori.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Forwakot mampu menjadi katalisator kegembiraan dalam menghibur anak-anak PAUD dan TK di Kota Semarang. Selain itu, tujuan lain dari diadakannya lomba ini adalah untuk berkontribusi terhadap tumbuh dan kembang anak-anak di Kota Semarang,” ujar Aden pada Rabu (06/12/2023).

Sementara itu, Direktur Semarang Zoo, Khoirul Awaluddin mengatakan Manfaat mewarnai bagi anak adalah dapat mengembangkan kemampuan motorik. Keterampilan motorik adalah kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh, seperti kepala, bibir, lidah, tangan, kaki, dan jemari.

Meningkatkan kreativitas adalah manfaat mewarnai bagi anak-anak selanjutnya. Kreativitas ini harus diasah sejak kecil, supaya anak kita tumbuh menjadi orang yang memiliki daya cipta optimal yang berguna.

“Salah satu manfaat mewarnai bagi anak-anak adalah membantu agar tulisan tangan bisa bagus. Mewarnai bisa menjadi sarana belajar memegang alat tulis dengan benar, sehingga bisa membantu teman-teman menghasilkan tulisan tangan yang lebih rapi,” tuturnya.

Flyer lomba mewarnai. (gambar: istimewa)

Adapun persyaratan dan ketentuan lomba ini adalah sebagai berikut;

1. Peserta terdiri dari 3 kategori pelajar (TK A, TK B dan PAUD).

2. Peserta WAJIB membawa alat mewarnai sendiri berupa crayon (tidak diperkenankan menambahkan spray/ gliter) dan meja lipat atau papan alas mewarnai.

3. Durasi waktu mewarnai 60 menit

4. Tidak diperkenankan pinjam meminjam alat mewarnai dengan peserta lain.

5. Tidak diperkenankan mendapatkan bantuan pada saat lomba berlangsung.

6. Orang tua tidak diperkenankan memasuki area lomba.

Untuk pendaftaran, silahkan klik link ini https://forms.gle/4MnXCydNXhS1GFcN6

Informasi tambahan mengenai lomba mewarnai adalah, selain menjadi hiburan yang menyenangkan, ternyata mewarnai bisa bermanfaat untuk keperluan tumbuh kembang anak-anak seperti membantu anak-anak berlatih memusatkan perhatian.

Mewarnai juga memadukan aktivitas bersama antara tangan dan mata, akan ada rasa puas dan bangga pada diri sendiri karena sanggup menyelesaikan tugas. Perasaan ini bisa membangun gambaran positif terhadap diri teman-teman. Jadi, manfaat mewarnai juga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri anak.

Para psikolog melaporkan bahwa manfaat mewarnai bagi anak-anak adalah bisa mengurangi stres. Mewarnai adalah kegiatan yang ringan dan mudah dilakukan, selain itu, mewarnai bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot. Oleh karena itu, anak akan menjadi lebih rileks. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top