Umbul Sidomukti, Kolam Renang Berpanorama Alam

By Redaksi SS 29 Mar 2018, 13:31:19 WIB Wisata
Umbul Sidomukti, Kolam Renang Berpanorama Alam

Keterangan Gambar : Kolam renang dialam terbuka, Umbul Sidomukti, yang terletak di lereng kaki gunung Ungaran dengan panorama alam yang eksotik. Umbul (air muncrat warna putih diatas kolam) nyaris tidak pernah berhenti sepanjang tahun.


Semarangsekarang.com—Banyak orang sudah tahu tempat wisata yang satu ini, tapi dari sekian banyak orang yang telah tahu namun belum sempat mengunjungi lokasi yang satu ini. Sebuah kawasan wisata alam yang sudah cukup beken, Umbul Sidomukti.  Tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga buat mengisi waktu liburan.

Umbul Sidomukti, sebuah tempat wisata alam yang terletak 1200 diatas permukaaan laut (dpl)  di sisi selatan lereng kaki Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Wisata utama dari tempat ini adalah kolam renang yang ada di alam terbuka yang ada di salah satu lembah gunung. Kolam pemandian atau orang lebih suka menyebut kolam renang ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Di kolam alam ini kedalamannya juga dibagi beberapa tingkatan, untuk dewasa, remaja maupun anak-anak. Namun meskipun kolam anak-anak aman tetap saja harus dengan pendampingan maupun pengawasan orang tua.

Dinamakan “umbul” dalam bahasa Jawa juga dikatakan sebagai  “tuk” atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “sumber air yang menyembul” maka dari itu orang sekitar menyebut dengan  kata “umbul”. Dari sinilah  kemudian beken dengan istilah “umbul” sementara Sidomukti berasal dari tempatnya yang berada di Kelurahan Sidomukti. 

Ada Wisata Pacu Adrenalin

Selain kolam renang alam di tempat ini juga menyajikan panorama alam yang mempesona. Cocok untuk spot foto maupun untuk mencari kesegaran udara alam yang sangat sejuk. Disini juga sudah ada berbagai tempat outbond yang disediakan pengelola. Ada flying fox, motor ATV, sepeda kayuh di alam dan sebagainya.

Untuk menuju tempat ini bila dari arah Jalan Raya Solo Semarang, masuk kearah Bandungan. Sampai di Pasar Jimbaran ambil gapura yang ada tulisan warna oranye “Umbul Sidomukti”  yang ada sisi kanan kemudian ikuti jalur tersebut dan berupa jalan menanjak sepanjang kurang lebih tiga kilometer. Kemudian jika melalui jalur Boja atau Sumowono, gapura penunjuk arah ke umbul berada di sisi kiri jalan 50 meter sebelum sampai di Pasar Jimbaran.

Namun jalur menuju Umbul Sidomukti, hanya bisa dilalui sepeda motor maupun kendaraan non bus, mengingat sempitnya jalan serta rawannya keselamatan bila di lalui bus kecil maupun bus besar. Apalagi jalannya banyak tikungan sempit dan jalan aspalnya juga sudah banyak yang sudah rusak. Pengemudi yang belum mengenal medannya bisa ekstra hati-hati saat melalui akses jalan ini.

Untuk tiket masuk ke lokasi wisata Umbul Sidomukti tiap orang yang tingginya diatas 80 cm, dikenakan biaya Rp 10.000. Kemudian untuk tiket resmi parkir motor Rp 3.000, Mobil Rp 5.000.

Kemudian untuk tarif wahana bermain pemicu adrenaline non kolam renang alam, Flying lembah Rp 23.000, Marine Bridge Rp 20.000. Triangle Rp 30.000, Sepeda Awang Rp 15.000. Double Flying Fox Rp 30.000.

Jam buka lokasi wisata kolam renang alam pada hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00-17.00, untuk Sabtu/Minggu dan hari Libur 07.00-17.00. Sedang wahana Pacu Adrenalin Ra’gentar  Hari Senin-Jumat dibuka pada pukul 09.00-16.30 dengan waktu istirahat pukul 12.00-13.00. Khusus Sabtu/Minggu/Libur sudah buka pada pukul 08.00 dan tutup pukul 16.30, dengan waktu jeda seperti hari biasa 12.00-13.00.

Sebagai informasi, untuk berkunjung ke tempat ini perlu disediakan juga uang receh buat “pak ogah” saat menuju lokasi maupun di tempat parkir. Karena biasanya ada yang meminta uang sukarela dengan dalih untuk pengaturan lalu lintas dan jaga “keamanan” kendaraan. (faf-SS)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment