Webinar Hatipena akan Diskusikan Buku ‘Bencana dari Berbagai Perspektif’


Diskusi buku ‘Bencana dari Berbagai Perspektif

Semarangsekarang.com (Semarang),- Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena,  kembali akan menyelenggarakan Webinar Hatipena,  diskusi buku  buku antologi esai lingkungan hidup “Bencana dari Berbagai Perspektif”. Kegiatan akan berlangsung melalui link zoom https://s.id/hatipena129 besok Kamis, 4 April 2024, pukul 20.30-22.00 wib.

Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie mengatakan, buku ketiga terbitan Satupena Jawa Tengah tersebut telah diluncurkan di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah pertengahan Februari 2024. Buku setebal hampir 500 halaman ini memuat esai 66 penulis dari berbagai latar belakang pendidikan dan kultural.

Menurut Gunoto Saparie, dalam buku ini Ketua Umum Satupena Denny JA ikut menyumbangkan pemikirannya dalam  sekapur sirih. Arief Djatmiko Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jawa Tengah Arief Djatmiko, Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Bergas Catursari Penanggungan, dan Walikota Semarang Hevearita G Rahayu Walikota Semarang juga berkenan memberikan kata pengantar pada buku ini.

“Sedangkan Wakil Sekretaris Jenderal Satupena Swary Utami Dewi  Indonesia dan Ketua Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota FT Universitas Islam Sultan Agung Mila Karmilah juga turut memberikan prolog spesial pada buku ini.

Sementara untuk epilog ditulis oleh Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang Endang Sarwiningsih Setyawulan. Tim editor buku ini adalah Mohammad Agung Ridlo, Esthi Susanti Hudiono, dan Nugroho SBM,” tuturnya, Rabu (3/4/2024).

Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah Mohammad Agung Ridlo yang akan menjadi narasumber dalam webinar tersebut menambahkan, hari-har ini bencana datang silih berganti di Indonesia. Ada bencana banjir, tanah  longsor, gempa bumi, kebakaran, dan lain-lain.

Sejumlah penulis dan pakar di  Jawa Tengah, bahkan merambah ke penulis yang tersebar di seluruh Indonesia, berkumpul dalam buku ini menuangkan pemikiran dan kajiannya tentang bencana yang melanda negeri ini  dilihat dari berbagai perspektif mereka masing-masing.

“Mereka menulis dengan latar belakang yang beragam. Para budayawan, sastrawan, rohaniawan, teknokrat, ekonom, sosiolog, birokrat,  dan lain-lain, tergerak menyumbangkan pemikirannya demi terkupasnya permasalahan bencana yang melanda republik ini,”  ujarnya seraya menambahkan, kalau webinar ini akan dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Swary Utami Dewi. (subagyo/ss)

Berita Terkait

Top