Baznas Kota Semarang Salurkan Bantuan Alat Kerja dan Modal Usaha


Ketua Baznas H Arnas Agung Andrarasmara (dua dari kiri) saat berfoto bersama dengan penerima bantuan warga Krobokan. (foto: istimewa)

Semarangsekarang.com – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara menyerahkan langsung bantuan alat kerja berupa gerobak dan bantuan modal usaha di Wilayah Kelurahan Krobokan Kecamatan Semarang Barat, Jumat (07/07/2023).

Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut tim pelaksana Baznas Kota Semarang yang terdiri dari Kepala Pelaksana M Asyhar, Kabid Pendayagunaan Ripai dan bagian humas Rizal dan Duana. Disaksikan langsunh Lurah Krobokan beserta Ketua RW dan RT setempat.

Sumartono, warga Jl Ariloka No 9 selaku penerima bantuan gerobak dan modal usaha tidak menyangka akan menerima langsung dari Ketua Baznas. ”Saking groginya saat hadir saya sebut Arnas, pak Hendi ya,” kata Sumartono. Sontak Arnaz kaget dan langsung mengoreksi bahwa yang menyerahkan ini Arnaz, ketua Baznas Kota Semarang sambil tersenyum.

Dalam kesempatan tersebut, Arnaz menyampaikan dalam penyaluran program bantuan seperti ini dilalukan dengan inovasi. Bantuan tak hanya bersifat konsumtif semata akan tetapi saat ini lebih di arahkan yang bersifat lebih produktif.

”Bahwa dana yang kami tasharuf-kan (didistribusikan) yang bersumber dari dana zakat, infak dan sedekah yang diwujudkan dalam bentuk bantuan alat kerja dan modal kerja” kata Arnaz.

”Istilahnya kami tidak hanya memberikan ikan, akan tetapi kami berikan kail agar mustahik berdaya dan bisa merubah dirinya agar kelak bisa menjadi muzakki,” tambahnya

Lebih lanjut dikatakan, dalam menyalurkan bantuan berpedoman pada aman syar’i, aman regulasi dan aman NKRI. Sebelum disalurkan, setiap pengajuan dari masyarakat juga di assesment terlebih dahulu.

Tim terkait standar kelayakan bahwa mustahik tersebut layak atau tidak untuk menerima bantuan yang sesuai dengan aturan baik aturan syar’i diberikan kepada delapan golongan yang berhak menerima.

Aman secara regulasi yang sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku dan aman NKRI yang benar diberikan bukan kepada teroris atau pemberontak negara.

“Pedoman inilah yang mendasari kami dalam menjalankan amanah di Baznas Kota Semarang,” tandas Arnaz

Non struktural

Ditegaskan kembali bahwa, Baznas Kota Semarang merupakan lembaga negara non struktural yang dibentuk oleh Pemerintah yang memiliki tugas untuk mengumpulkan, mendistribusikan dan mendayagunakan serta melaporkan dana zakat, infak dan sedekah serta dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) di Kota Semarang.

Alhamdulillah, setiap tahunnya kami selalu diaudit, hal ini akan terus menumbuhkan kepercayaan dari masyarakat bahwa Baznas Kota Semarang sebagai tempat yang tepat untuk membayar zakat, infak, sedekah dan DSKL di Kota Semarang,” papar Arnaz.

Pada kesempatan tersebut Sumartono menyampaikan terimakasih atas bantuan gerobak gorengan dan modal kerja dari Baznas Kota Semarang, sehingga sangat membantu sekali dalam saya berjualan.

”Sebelumnya belum pernah punya gerobak. Alhamdulillah senang, saya doakan semoga Baznas makin dipercaya masyarakat, pak arnaz sukses dalam berkarir,” tutup  Sumartono. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top