Mbak Ita Ingin PDAM Bisa Penuhi Air Bersih Warga Semarang di Musim Kemarau


Foto ilustrasi, air keluar dari kran. Di musim kemarau seperti sekarang ini ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan warga. Warga diharap melapor jika kekurangan air bersih. (foto: SS)

Semarangsekarang.com — Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu berupaya mengantisipasi dampak kekeringan pada musim kemarau yang saat ini masih berlangsung di Kota Semarang.

Mbak Ita begitu wali kota ini akrab disapa meminta pihak PDAM Tirta Moedal Kota Semarang agar bisa membackup air sebagai kebutuhan primer bagi masyarakat bisa terpenuhi.

“Saat ini, di beberapa tempat banyak mata air yang mulai kekeringan dari sumbernya. Hal ini terjadi karena imbas dari musim kemarau,” katanya, Senin (19/06/2023).

Dikatakan Mbak Ita, memang untuk air ada, tapi dari Pamsimas kondisi airnya keruh. “Jadi kami minta PDAM untuk melakukan droping air bersih ke wilayah-wilayah yang rawan kekeringan secara rutin ke sana,”ujarnya.

Mbak Ita menyebutkan, kondisi air yang ada pada warga saat ini memang tidak layak diminum. “Sudah jelas dampak kekeringan di sana, air masih ada tapi tidak layak untuk dikonsumsi, kalau mandi, cuci selain air minum dari Pamsimas ada,” tuturnya.

‘Tetapi akan ada droping air bersih dalam sepekan sebanyak tiga kali kami kirim melalui truk tangki PDAM ke wilayah Jabungan. Kecamatan Tembalang, seperti juga Rowosari saat musim hujan kena dampak banjir dan musim kemarau dampak kekeringan,” imbuhnya.

Mbak Ita manyampaikan ke masyarakat kalau ada permasalah dengan air bersih segera lapor bisa ke pak rt, rw, pak lurah, pak camat atau juga ke saya langsung.

Selain melakukan droping air bersih ke  Jabungan, pihaknya juga meminta masyarakat lainnya yang terdampak kekeringan bisa segera melaporkannya ke Pemerintah kota Semarang.

“Laporan masyarakat terhadap kebutuhan air bersih untuk segera diantisipasi jangan sampai warga teriak-teriak dan, komplain. Dan pemerintah pun aktif, mencari tahu warga terhadap kebutuhan air bersih,” pungkasnya. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top