Usai di Cor Jalan Hasanudin Tampak Lebih Lebar, Mulus dan Bebas Banjir


Pengendara saat melintas di Jalan Hasanudin Raya, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. (foto: istimewa)

Semarangsekarang.com – Proyek peningkatan Jalan Hasanudin Raya telah rampung dikerjakan. Warga sekitar pun senang lantaran akses jalan utama menuju perkotaan lebih nyaman dan aman saat dilintasi. Dengan dibangun dengan konstruksi beton, warga kini tak khawatir jalan rusak akibat banjir.

Dalam pantauan, sepanjang Jalan Hasanudin sudah tampak lebih lebar. Hal ini dikarenakan pembangunan jalan memaksimalkan lahan yang dimiliki.

Selain dibangun, jalan juga diberi marka warna putih putus-putus sebagai petunjuk ketertiban berkendara. Salah satu warga, Agus Irwantoro mengaku bersyukur Jalan Hasanudin lebih bagus setelah dibangun.

Ia menyebut Jalan Hasanudin kini lebih aman dilintasi karena kontur jalan lebih mulus dari sebelumnya. Pengendara pun tak perlu khawatir dan menghindar lubang jalan, karena sekarang tak ada cekungan-cekungan jalan di sepanjang Jalan Hasanudin.

“Lebih aman lebih mulus dari sebelumnya. Sekarang sudah tidak ada lubang jadi tidak perlu khawatir apa-apa saat melintas,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Rabu (27/12/2023).

Sementara itu, Riski Febry warga sekitar juga merasakan kenyamanan saat melewati Jalan Hasanudin Raya. Menurutnya, selain pembangunan jalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga memperlebar saluran air.

Menurutnya, ini adalah langkah bagus dalam mengantisipasi banjir dalam jangka panjang. Ia pun mengapresiasi atensi Pemkot Semarang karena telah memperhatikan wilayah pinggiran.

“Saluran airnya juga diperbaiki sama diperlebar. Jadi kayaknya di daerah sini kemungkinan tidak bakal banjir. Apalagi sebelum diperbaiki sudah tidak pernah banjir,” paparnya.

Ke depan, dirinya berharap Pemkot Semarang bisa lebih intens dalam membangun infrastruktur. Hal ini penting karena menjadi salah satu pencegahan banjir.

Sebagai informasi, Jalan Hasanudin selama ini memang kerap tergenang banjir saat hujan deras melanda kawasan Kecamatan Semarang Utara. Akibatnya, jalan yang dulu dibangun dengan konstruksi paving, mudah rusak setelah tergenang banjir dan dilalui kendaraan besar.

Bahkan, selama bertahun-tahun, jalan ini tidak tersentuh pembangunan skala besar. Tahun ini, selain pembangunan jalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga membangun drainase jalan di sana. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top