556 Peserta Ikuti Kompetisi Kita Pemuda Kota Semarang 2023


Rapat koordinasi panitia Kompetisi Kreatifitas dan Kepedulian Kawula Muda (Kita Pemuda) Kota Semarang Tahun 2023 di Semarang, Rabu (18/10/2023). (foto: istimewa)

Semarangsekarang.com – Sebanyak 556 peserta dari 171 kelurahan di Kota Semarang mengikuti Kompetisi Kreatifitas dan Kepedulian Kawula Muda (Kita Pemuda) Kota Semarang Tahun 2023 yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Semarang dan Pemerintah Kota Semarang.

Sebanyak 556 peserta tersebut, telah melaksanakan pengumpulan berkas administrasi, selanjutnya akan dilakukan penjaringan di tingkat kecamatan. Lima pemuda pelopor dari masing-masing kecamatan, kemudian akan dipilih untuk majuke babak final di tingkat Kota Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto yang juga perwakilan panitia penyelenggara menuturkan, terhitung sudah ada 556 peserta pemuda dan pemudi pelopor di 16 kecamatan dan 171 kelurahan se-Kota Semarang yang telah mengirimkan persyaratan administrasi untuk mengikuti kompetisi ini.

Pendaftaran telah dibuka pada 4 sampai 30 September 2023 lalu melalui link https://smg.city/kitapemudakotasmg. Peserta telah mengirimkan profil berupa proposal serta video aktivitas dan kegiatan mereka sesuai kategori yang dapat dipilih.

Yaitu katogori Pendidikan, Kesehatan, Ketahanan Pangan, dan Kreatif Inovatif untuk kemudian diambil 5 besar masing-masing kategori pada seleksi tingkat kecamatan, dilanjutkan telaah hasil presentasi dan wawancara.

”Bagi juara tingkat kota di masing-masing kategori, telah disiapkan piagam penghargaan, trophy Piala Wali Kota, dan uang tunai Rp 5 Juta,” tuturnya, Kamis (19/20/2023).

Dikatakan, saat ini data seluruh peserta sudah diterima panitia. Selanjutnya akan dilaksanakan penjurian mulai 8-20 Oktober yaitu seleksi di tingkat kecamatan. Kemudian 20-23 Oktober, penjurian dilaksanakan oleh tim fact finding, 23-25 Oktober seleksi tingkat Kota, 26-27 Oktober paparan dan wawancara, 28 Oktober pengumuman nominasi juara dan selanjutnya 3 November pemberian penghargaan kepada pemenang.

Angkat potensi pemuda

Ketua Panitia Kompetisi Kita Pemuda, Gasca Askara Sanskritama mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat potensi pemuda Kota Semarang, sekaligus sebagai penghargaan atas prestasi para pemuda Kota Semarang pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Kompetisi pemuda ini akan menampilkan kecerdasan, aktivitas kemandirian, gotong royong, dan kepeloporan untuk menginspirasi pemuda serta masyarakat sekitar. Sehingga dari itu, menurutnya, pemuda akan melakukan terobosan, tindakan, dan perilaku menjadi suatu yang nyata dan memberikan pengaruh positif di lingkungannya.

”Kegiatan ini mengapresiasi para pemuda yang telah berkontribusi dalam menunjukkan semangat, mengembangkan potensi diri, dan menjadi problem solver berbagai permasalahan sosial,” terangnya.(subagyo-SS)

Berita Terkait

Top