Pemkot Semarang Fasilitasi ASN Berijazah SMA untuk Lanjutkan Pendidikan


Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melakukan penyematan PNS muda yang didorong untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. (foto: istimewa)

Semarangsekarang.com – Mendorong pengembangan pendidikan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mendorong PNS muda untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Hal tersebut bertujuan agar para PNS terutama yang masih muda bisa memperoleh kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan.

“Sebenarnya panjenengan masih bisa meningkat, tapi terkendala dengan pendidikan. Seharusnya kawan-kawan bisa promosi, tapi karena terkendala pendidikan yang berhenti, emaneman, karena masih muda,” ujar perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut dalam acara Forum Group Discussion (FGD) Penguatan Pendidikan Lanjutan PNS-PNS di Kota Semarang di Ruang Lokakrida, Balaikota Semarang, Senin (11/12/2023).

Pihaknya ingin agar jabatan-jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Semarang diisi oleh orang-orang yang sudah mengabdi lama di Kota Semarang. Tetapi, banyak PNS yang tidak bisa mendapatkan promosi karena terkendala jenjang pendidikan.

Oleh karena itu, dirinya mendorong PNS-PNS khususnya yang masih muda agar bersemangat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Masih banyak teman PNS yang masih SMA, padahal S1 itu cepat. Kalau panjenengan sudah S1 bisa ke mana-mana posisinya. Kejarlah ilmu setinggi-tingginya, ini ada sekitar 300 orang, panjenengan harus bisa naik ke jenjang berikutnya. Dari pada cari orang luar, tidak berkompeten hanya karena pendidikan lebih tinggi, untuk apa,” imbuh Mbak Ita.

Salah seorang peserta kegiatan FGD penguatan pendidikan lanjutan PNS-PNS di Kota Semarang tersebut, Mario Baskoro yang bekerja di Bapenda Kota Semarang menyambut baik dan mengapresiasi adanya program ini. Terlebih lagi, Pemerintah Kota Semarang turut membantu memfasilitasi PNS muda melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Saya mendapatkan semangat dan motivasi kembali untuk meningkatkan pendidikan yang lebih tinggi. Untuk karir saya, dan juga dapat menjadi contoh anak-anak saya di rumah. Apalagi banyak penawaran menarik dari kampus-kampus di Kota Semarang yang memudahkan kami untuk menentukan pilihan,” kata Mario.

Hal senada juga diungkapkan Junaidi, staf pengadministrasi persuratan pada Dinas Perhubungan Kota Semarang. Dirinya berterima kasih kepada wali kota Semarang atas program dan kebijakan yang mendorong PNS-PNS khususnya yang masih berijazah SMA untuk melanjutkan pendidikan.

“Terima kasih Saya sampaikan kepada ibu wali kota Semarang yang telah mendorong saya dan ASN di Kota Semarang untuk bersekolah lagi, meniti karir jenjang yang lebih tinggi,” pungkas Junaidi. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top